16 December 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Yuk, Racik Sendiri Nuoc Cham yang Pedas Segar!

01 Nov 2015 DETIK

Makanan Vietnam banyak yang dilengkapi dengan saus cocolan. Nuoc cham, saus berbasis kecap ikan (nuoc mam) menjadi jenis paling populer di Vietnam.

Nuoc cham banyak dipakai di sana untuk cocolan daging, seafood, sayuran, nasi dan lainnya. Misalnya pada menu com tam, cha gio, goi cuon, banh xeo, ataupun bun.


Bahan utama pembuatan nuoc cham terdiri dari kecap ikan, air dan garam. Namun terkadang ada juga penambahan gula, jeruk nipis, cuka, bawang putih, cabai hingga irisan wortel. Untuk seafood seperti belut, nuoc cham biasa memakai irisan serai.

Tiap wilayah Vietnam, baik bagian utara dan selatan, punya cara sendiri dalam meracik nuoc cham. Ada yang menambahkan kaldu gurih dari babi, gula merah atau air kelapa untuk memberi rasa manis.

Pemakaian bahan-bahan tersebut membuat nuoc cham mempunyai rasa kompleks. Ada paduan gurih, manis, asin, pedas dan segar.

Mau membuat saus dasar nuoc cham sendiri? Caranya praktis dan bahannya mudah didapatkan. Ikuti langkah berikut ini.

1. Bahan

Siapkan 6 sdm air, 2 sdm gula, 2 sdm air perasan jeruk nipis, dan 2 sdm kecap ikan Vietnam. Bahan tambahan yang bisa dipakai antara lain 1 siung bawang putih cincang dan 2 buah cabai rawit iris.

2. Buat campuran awal

Campurkan air dengan gula dan perasan jeruk nipis. Aduk sampai gula larut. Sesuaikan rasanya dengan selera, sampai tercipta keseimbangan manis asam.

3. Tambahkan kecap ikan dan bahan pelengkap

Kemudian masukkan kecap ikan ke dalam campuran jeruk nipis. Aduk kembali sampai rata. Terakhir, tambahkan bawang putih cincang dan cabai rawit.

4. Penyimpanan

Simpan nuoc cham ini dalam kemasan kedap udara. Supaya aromanya tidak berpengaruh pada makanan lain.

Belum ada saus untuk pelengkap lumpia? Yuk buat nuoc cham! [] Sumber: detik.com