16 December 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Turki Larang Iklan Makanan Tidak Sehat

30 Nov 2017 ANADOLU AGENCY

ANKARA

Menteri Bea Cukai dan Perdagangan Turki Bulent Tufenkci menyatakan, Turki akan mengeluarkan kebijakan periklanan berkaitan dengan makanan tidak sehat.

Tufenkci menilai stres, aktivitas fisik yang kurang, obesitas akibat nutrisi yang tidak teratur dan sehat serta masalah kesehatan mematikan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut adalah gaya hidup modern yang merupakan ancaman terhadap kemanusiaan.

Tufenkci mengatakan, Turki sedang mengupayakan pengembangan kebijakan umum semua jenis kegiatan pemasaran termasuk iklan produk-produk makanan yang mengandung kadar garam, gula dan lemak yang tinggi seperti keripik, soda dan permen.

Sebagai hasil dari upaya tersebut, kata Tufenkci, perusahaan makanan di Turki telah membentuk “komitmen aliansi makanan dan minuman Turki” terkait pengembangan kebijakan tadi.

Tufenkci mengatakan telah dibuat sebuah daftar makanan yang tidak disarankan dan tidak sesuai dengan kriteria gizi.

“Makanan yang tercantum dalam daftar tersebut tidak akan diiklankan dalam program televisi yang memiliki target penonton anak di bawah usia 12 tahun dan saluran tematik khusus anak-anak,” kata dia.

Tufenkci menambahkan perusahaan makanan juga harus memberikan pilihan produk yang memiliki kandungan garam, gula dan lemak lebih sedikit. “Pihak yang mendukung komitmen ini akan berusaha untuk mengkomunikasikan pengendalian porsi produk," tambah dia.

Selain itu, Tufenkci juga menekankan bahwa faktor terpenting dalam mengadopsi gaya hidup sehat adalah pendidikan dalam keluarga.[]Sumber:anadolu agency

Berita Terkait