20 May 2018

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Tren Warna Rumah Menyambut Lebaran

01 Jul 2016 PORTALSATU

Rumah menjadi tempat berkumpul sanak keluarga saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Untuk menyambut hari istimewa tersebut, sebagian orang mempercantik rumah mereka dengan cara mendekorasi dan mengecat ulang, sampai mengubah interiornya.

Desainer interior Rina Renville mengatakan Lebaran identik dengan warna putih. Anda bisa menggunakan warna universal ini pada seluruh bagian rumah. Namun jika dianggap monoton, warna putih tersebut bisa disandingkan dengan warna lain, semisal kuning emas. “Warna emas dapat menciptakan suasana lebih hangat dan bersih,” kata Rina di acara Dulux Warna-warni Kemenangan di Jakarta, Senin 20 Juni 2016.

Menurut dia, mengkombinasikan warna pada sebuah ruangan bukan hanya menciptakan tampilan tertentu, namun juga kesempatan untuk merepresentasikan karakter pemilik rumah. Untuk tren interior dan dekorasi tahun ini, Rina melanjutkan, mengacu pada pola dan warna netral, hangat, dan kalem. Tren tersebut tak hanya populer di Indonesia tapi juga di mancanegara.

Rina mengatakan, inti dari warna adalah keharmonisan. “Jadi ini merupakan seni bagaimana membuat komposisi yang sempurna dari sekian banyak warna,” ujarnya. Dalam mengkombinasikan warna pada satu ruangan, Rina menyarankan tidak menggabungkan lebih dari tiga warna.

Bagi mereka yang ingin mengecat ulang rumahnya namun bingung ingin menerapkan warna apa pada dinding, Rina mengatakan, mereka dapat menggunakan warna-warna monokrom, seperti putih, hitam, coklat, dan krem. Warna tersebut, dia melanjutkan, adalah warna yang universal sehingga tidak mengganggu pandangan. “Ini warna yang relative ‘aman’,” katanya.

Jika pemilik rumah ingin menonjolkan tampilan suatu ruangan, Rina menambahkan, mereka tidak hanya dapat berekspresi melalui cat dinding melainkan juga “bermain”dengan teksturnya, warna dan pola lantai, furnitur, serta elemen pendukung lainnya, semisal letak dan bentuk jendela, lukisan, bantal kursi, keramik pajangan, dan sebagainya.

Dalam mengecat rumah atau ruangan, Rina menyarankan pemilik memikirkan dua hal, yakni anggaran dan waktu. Apabila anggaran dan dananya hanya cukup untuk mendekorasi ulang satu atau dua ruangan, maka seiring dengan momentum Lebaran, dia menyarankan agar pemilik member sentuhan pada ruang tamu atau ruang keluarga dan teras. Di sinilah tempat si pemilik rumah menerima tamu.

Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia Jun de Dios mengatakan mendekorasi ulang ruangan merupakan salah satu kebahagiaan dalam menyambut Lebaran. “Kami menyadari, menciptakan tampilan baru di rumah tidak selalu menjadi urusan yang mudah,” katanya. “Karena itu kami meluncurkan Dulux Warna Warni Kemenangan 2016.”

Salah satu kemudahan yang didapat dari program tersebut adalah, pemilik rumah dapat berkonsultasi melalui layanan Dulux Previews Consultant untuk menanyakan tampilan seperti apa yang sesuai pada ruangan tertentu. Caranya, Anda dapat mengambil gambar ruangan yang hendak didekorasi kemudian masukkan identitas melalui situs www.dulux.co.id.

Setelah terdaftar, unggah foto ruangan yang hendak didekorasi. Dulux Preview Consultant akan mensimulasikan warna dan mengirimkan hasilnya melalui surat elektronik. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan seputar pengecatan melalui layanan ini. Nah, sebelum mulai mengecat, Anda dapat mensimulasikan seperti apa kira-kira tampilan dinding yang akan dilapis warna tertentu. Untuk simulasi ini, Anda dapat mengunduh aplikasi Dulux Visualizer melalui AppStore dan GooglePlay.

Ketika hendak mengecat, sebaiknya Anda mengenali kondisi dinding yang hendak dilapis. Tembok siap dicat apabila dalam keadaan kering, dengan kriteria sebagai berikut:

- Kelembapan kurang dari 17 persen
- Tingkat pH atau alkalitas tembok kurang dari 9
- Tembok tidak dalam kondisi retak
- Biarkan dinding baru selama 2 bulan agar kering sempurna
- Pengenceran menggunakan air bersih dengan komposisi:
Untuk 2,5 liter cat maksimum penambahan air sebanyak 330 mililiter dan untuk 20 liter cat maka penambahan air paling banyak 1.500 mililiter. | sumber : tempo