23 January 2018

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Sembilan Bunga yang Dapat Dikonsumsi

11 Mar 2016 VIVA

Selama ini bunga hanya digunakan sebagai tanaman hias yang mampu mempercantik ruangan. Namun, sebenarnya ada banyak bunga yang dapat dikonsumsi.

Awalnya mereka sering digunakan sebagai bahan campuran teh. Lama kelamaan, banyak juru masak di seluruh dunia yang mulai menggunakan bunga sebagai bahan masakan. Meski begitu, bunga-bunga tersebut umumnya tidak dimasak atau diolah dengan cara dipanaskan, melainkan dikonsumsi dalam kondisi segar.

Ingin tahu bunga apa saja yang dapat dikonsumsi? Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti dilansir dari Times of India.

Mawar

Raja dari segala bunga ini memiliki tempat istimewa di dunia pengobatan China. Mereka mengandung fenolat, kandungan yang dipercaya memiliki manfaat anti-inflamasi. Bunga mawar juga merupakan sumber vitamin yang baik. Banyak yang percaya, bunga ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Melati

Bunga yang aromanya sangat harum ini biasanya dikombinasikan dengan teh hijau. Namun, banyak pula juru masak yang menggunakannya sebagai bahan pembuat salad. Melati dikatakan memiliki kandungan anti-karsinogenik dan anti virus.

Peony

Bunga yang cantik ini tak hanya populer digunakan untuk dekorasi pernikahan, namun juga bisa dikonsumsi. Peony bermanfaat meringankan depresi.

Pansy

Warnanya yang cerah membuat bunga ini tepat dijadikan hiasan makanan yang dapat dimakan. Bunga pansy juga sangat bermanfaat bagi jantung, ginjal, dan tekanan darah karena tinggi kalium dan mineral lainnya.

Marigold

Masyarakat China biasa menggunakan bunga marigold untuk campuran teh. Marigold juga dapat digunakan sebagai obat luka luar. Dikatakan pula bahwa bunga marigold kaya pigmen lutein, yang diketahui sebagai vitamin mata.

Lavender

Aromanya yang khas membuat bunga lavender biasa digunakan sebagai campuran es krim dan yogurt. Lavender juga berfungsi sebagai anti-septik dan ampuh mengusir ketombe.

Kembang sepatu

Sering digunakan sebagai hiasan hidangan salad, kembang sepatu juga umum dijadikan bahan campuran teh. Kandungan anthocyanin dan antioksidan di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. | sumber : viva