19 November 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Sejarah Hari Ini: Paus 80 Ton Tenggelamkan Kapal Pemburunya

20 Nov 2016 REPUBLIKA

Pada hari ini tahun 1820, kapal pencari paus Essex tenggelam oleh paus sperma. Paus yang diburu karena minyaknya ini memiliki berat hingga 80 ton.

Essex adalah kapal pencari minyak paus yang bertolak dari Nantucket, Massachusetts. Kapal ini diserang paus di 2.000 mil dari pantai Amerika Selatan.

Zaman dahulu, para pelaut mencari minyak paus yang sangat berharga. Mereka memburu dan membunuhnya untuk diambil minyak dan tulangnya. 

Saat Essex sedang berburu, paus raksasa menabrak kapal dan membelahnya jadi dua. Sebanyak 20 anggota kru berhasil menyelamatkan diri dalam tiga sekoci. 

Namun hanya lima pria yang berhasil selamat setelah melalui 83 hari perjalanan menuju perairan Amerika Selatan. Mereka diselamatkan oleh kapal lain. 

Hampir semua sisa kru meninggal dalam perjalanan dan dimakan oleh rekan kru lainnya untuk bertahan hidup. Pada satu waktu mereka mengundi siapa yang akan mengorbankan diri untuk dimakan oleh teman lainnya.

Cerita ini menginspirasi lahirnya novel karya Herman Melville, Moby Dick (1851). Baru-baru ini pada 2015, cerita Essex dirilis dalam film berjudul In the Heart of the Sea dengan pemain Chris Hemsworth, Tom Holland, Benjamin Walker dan Cillian Murphy.

20 Pemimpin Nazi Jerman Diadili

Pada hari ini tahun 1945, 20 pemimpin Nazi Jerman menjalani peradilan di Nuremberg, Jerman. Mereka didakwa dengan kejahatan perang.

Empat hakim duduk selama 1.000 jam untuk mendengar dakwaan dibacakan. Kejahatan termasuk agresi perang, pelanggaran hak perang dan melakukan kejahatan melawan kemanusiaan.

Tiga negara besar, AS, Uni Soviet dan Inggris ikut duduk di pengadilan. Prancis pun demikian. Presiden pengadilan Inggris, Hakim Geoffrey Lawrence membuka pengadilan dan menyebut momen ini sejarah unik yang penting bagi jutaan orang di dunia.

Peradilan ini berlangsung hingga 1 Oktober 1946. Sebanyak 11 pemimpin Nazi dijatuhi hukuman mati dengan digantung. Tiga terdakwa dijatuhi hukuman penjara antara 10-20 tahun.

Tiga orang dinyatakan tak bersalah. Diantaranya ahli keuangan Nazi Hjalmar Schact, politikus Nazi Franz von Papen dan penjabat senior nazi Hans Fritzsche.

Ratu Elizabeth II Nikahi Sepupunya

Pada hari ini tahun 1947, Ratu Elizabeth II yang masih berstatus putri menikahi sepupu jauhnya, Philip Mountbatten dalam acara sangat mewah di Westminster Abbey, London. Philip adalah mantan pangeran Yunani dan Denmark.

Ia melepaskan gelarnya itu untuk menikah dengan Elizabeth. Elizabeth adalah pewaris takhta kerajaan Inggris. Ia berusia 21 tahun saat menikah dengan Philip yang berusia 26 tahun.

Masa muda Philip diisi dengan keikutsertaan dalam Perang Dunia II sebagai perwira angkatan laut Inggris. Ia menjadi Duke of Edinburg pada malam pernikahannya dengan Elizabeth.

Elizabeth adalah putri yang populer di kalangan masyarakat. Pernikahannya mengangkat semangat rakyat Inggris yang saat itu mengalami kesulitan ekonomi pasca-Perang Dunia II.

Pada 6 Februari 1952, Raja George VI mangkat dan Elizabeth pun naik takhta. Philip mengakhiri karier angkatan lautnya untuk berkonsentrasi pada tugas baru sebagai pendamping Ratu Inggris.

Dari pernikahan mereka, lahir empat anak, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.[]Sumber : History/BBC/republika.co.id