19 November 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Pesan Bunda Cupoe Meurehoy: Pejabat Bek Galak That Seumajoh Peng Rakyat

10 Nov 2017 CUT ISLAMANDA

BANDA ACEH – Akun Instagram @bundacupoereal memposting video ucapan ‘Selamat Hari Pahlawan’. Dalam video berdurasi 58 detik itu, sosok karakter Bunda Cupoe Meurehoy yang diperankan Rendi Permata Yudha itu, juga menyampaikan beberapa pesan untuk generasi penerus bangsa, khususnya generasi muda Aceh.

Video yang diposting Kamis, 10 November 2017 pukul 02:39 WIB dini hari itu, hingga pukul 12:31 WIB telah ditonton sebanyak 7.177 kali. Sementara akun Instagram @bundacupoereal kini memiliki 20,4K pengikut.

“Ini pesan bunda untuk anak-anak bunda, rajin-rajin belajar, rajin jak kuliah, supaya kita bisa melanjutkan perjuangan-perjuangan pahlawan kita. Pahlawan Indonesia, khususnya pahlawan Aceh,” kata Rendi melalui tokoh karakter Bunda Cupoe.

Melalui video https://www.instagram.com/p/BbTEyiVDWbx/ itu, Rendi juga menitip pesan untuk pejabat pemerintahan agar tidak menjadi "penjajah" di negeri sendiri.

"Untuk pemerintah atau pejabat, bek galak that seumajoh peng rakyat (jangan suka kali makan uang rakyat). Jangan jadi penjajah di negeri sendiri. Untuk aparatur negara, Polri TNI terima kasih ka geujaga (sudah menjaga) Indonesia dari ancaman-acaman luar negeri,” ucapnya lagi.

Dalam pesan terakhir, Rendi mengatakan, “Kita lahir dari penjajahan, berkat persatuan kita merdeka. Mari kita jaga persatuan itu, jangan mau terpecah-belah supaya Indonesia ke depannya lebih baik. Dari Sabang sampai Merauke adalah Indonesia, teurimong geunaseh (terima kasih),” ucap Rendi menutup videonya.

Saat dihubungi portalsatu.com via telepon seluler, Rendi, 20 tahun, mengaku kagum terhadap sosok pahlawan Laksamana Malahayati.

"Melihat dari sejarahnya, beliau sosok wanita yang pemberani, mau merelakan jiwa dan raga membela pesisir Aceh. Beliau juga mendirikan laskar Inong balee dalam perjuangan, yang paling menarik ketika beliau mampu memimpin ratusan kapal dalam perang melawan Belanda. Meski wanita, tapi punya integritas tinggi tentang kepemimpinan," ujar Rendi.

Menurut Rendi, saat ini banyak anak bangsa yang lupa dengan sejarah perjuangan Laksamana Malahayati. Padahal Laksamana Malahayati banyak memberi contoh kebaikan dalam perjuangannya melawan penjajah.

"Alhamdulillah, saya bersyukur karena Presiden Jokowi telah menetapkan Laksamana Malahayati sebagai salah satu pahlawan nasional. Karena beliau merupakan laksamana wanita pertama di dunia," kata Rendi. []