20 May 2018

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Pertimbangkan 5 Hal Sebelum Membangun Dapur "Outdoor"

23 Aug 2015 KOMPAS

Dapur di luar rumah (outdoor) bisa dibuat sederhana atau rumit sesuai selera dan anggaran yang memungkinkan. Sebuah wastafel, meja, dan panggangan barbeque adalah fitur dasar yang biasa ada di dapur luar ruangan.

Sementara lemari es di bawah meja dapur, laci penyimpanan dapur, satu set bar dan wastafel merupakan fitur umum dan dirancang khusus untuk penggunaan di luar. Oven pizza juga sudah populer digunakan saat ini.

Jika masih kebingungan mengenai apa saja yang diperlukan untuk dapur luar ruang atau sejauh mana persiapannya, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

1. Pertimbangkan penempatannya

Meski di luar ruangan, dapur ini harus dekat ruang hiburan utama Anda. Namun perlu diingat, dapur sebaiknya tidak menghalangi sirkulasi atau pandangan koridor. Pastikan area memasak yang sebenarnya, jauh dari arus lalu lintas penghuni.

2. Pikirkan kapan akan digunakan

Anda perlu mempertimbangkan musim-musim yang mungkin akan berpengaruh terhadap dapur. Persiapkan apa saja yang Anda butuhkan untuk berlindung dari matahari atau hujan sehingga tetap nyaman saat memasak.

3. Menganalisa dapur dalam ruangan

Langkah ini penting Anda lakukan sebelum membangun dapur luar ruangan. Pasalnya, Anda perlu melihat apa yang terbaik saat penempatan alat. Pikirkan juga bagaimana Anda akan meningkatkan "pekerjaan segitiga" saat memasak di dapur luar ruangan.

Segitiga ini menunjukkan titik-titik pemakaian peralatan dapur. Misalnya, segitiga yang terbentuk dari sudut letak kulkas, kompor, dan wastafel.

Meja counter lebih penting keberadaannya daripada wastafel. Anda dapat selalu menggunakan dapur utama di dalam ruangan, jika letaknya tidak terlalu jauh.

4. Bahan dan finishing

Material dan finishing benda atau peralatan di dapur luar ruangan sebaiknya tahan api. Namun, tetap harus melengkapi karakter ruang eksterior Anda.
 
5. Pencahayaan

Saat malam hari, gunakan pencahayaan tidak langsung dan ambientpada area hiburan dan pencahayaan terang untuk area memasak. Hindari lampu sorot yang bisa menyilaukan. | sumber : kompas