22 February 2018

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Meriahkan Lebaran, Wali Kota London Ajak Selfie Ribuan Orang di Trafalgar Square

10 Jul 2016 DETIK

LONDON - Kemeriahan Hari Raya Idul Fitri masih terasa di London, Sabtu (9/7/2016). Wali Kota London Sadiq Khan mengajak ribuan Londoners untuk selfie dalam acara Eid Festival di Trafalgar Square, Westminster.

Eid Festival dibuka pukul 12.00 waktu setempat dengan beragam program menarik di panggung. Pengunjung diberikan informasi tentang arti puasa dan Idul Fitri bagi umat muslim, dan dilanjutkan dengan perayaan kebudayaan dari berbagai negara.

Ada tarian Bali sebagai pembuka, penyanyi yang melantunkan salawat, grup musik dari Maroko, parade busana muslim, hingga lagu-lagu dari Bollywood. Ribuan warga London dan turis mancanegara di area sekitar juga bisa menikmati beragam cita rasa makanan khas dari Indonesia seperti sate, nasi goreng, dan mie goreng, kebab dari Turki, makanan Maroko, Mesir, hingga India.

Pantauan detikcom, Sadiq Khan naik ke atas panggung pada pukul 14.30 waktu setempat. "Nama saya Sadiq Khan, dan saya Wali Kota London. Saya akan mulai dengan sapaan kedamaian, Assalamualaikum…Eid Mubarak!" sapanya dengan lantang.

"London adalah kota terhebat di dunia. Kita adalah kota paling penuh keberagaman di dunia. Inilah kota di mana kamu bisa menjadi dirimu sendiri dan diterima. Apakah kamu kaya, miskin, (berkulit) hitam, (berkulit) putih, Muslim, Kristen, Yahudi, Hindu, Sikh, Budha…Kita adalah kota terhebat di dunia," lanjut wali kota muslim pertama di London itu.

Sadiq kemudian bercerita tentang contoh toleransi dan kerukunan antarumat beragama yang selalu dia ingat dari seorang rabbi bernama Miriam Berger. Tiga tahun lalu, komunitas muslim Somalia di London Utara tidak bisa melaksanakan ibadah saat masjid mereka dibakar.

"Rabbi itu berkata, 'Datanglah ke Synagogue (tempat beribadah kaum Yahudi)i dan silakan beribadah. Datang ke Synagogue agar anak-anakmu tetap bisa belajar.' Setiap tahun Synagogue punya acara iftar (buka puasa) untuk Londoners yang ingin datang," tuturnya.

Saat ini ada 3 juta muslim di Inggris yang melakukan ibadah puasa serta merayakan Lebaran, dan Sadiq—sosok yang mewakili keberagaman kota London—mengatakan ikut merasakan tantangan yang dihadapi warga London minoritas.

"Dalam tiga minggu terakhir, sedihnya aku mengatakan, kita melihat kejahatan rasial meningkat, kita melihat peningkatan insiden rasial. Kita melihat orang berusaha untuk memecah belah komunitas kita dengan kebencian..Dan pesanku untuk mereka, kalian tidak akan bisa memecah belah kita! Kita akan lebih kuat bersama-sama," serunya disambut tepuk tangan.

Sadiq yang terpilih menjadi Wali Kota London sejak Mei lalu itu menekankan bahwa tak akan ada keringanan bagi pelaku kriminal berlatarbelakang kebencian (hate crime). "Kami tidak akan membiarkan orang lain merusak the magic of London," ucapnya.

"Ada beberapa orang kriminal yang melakukan hal buruk dan menggunakan (nama) Islam untuk membenarkan tindakan mereka. Kita harus memastikan bahwa dunia tahu bahwa mereka melakukan itu bukan atas nama kita."

"Jadi pesanku untuk semua muslim, saudara dan saudariku umat Yahudi, Kristen, Buddha, Sikh, Hindu..Kepada yang kaya dan yang miskin, kepada orang tua dan anak muda, pesanku sederhana: London adalah kota terbaik di dunia, kalian diterima di sini dan akan seperti itu selamanya," tutup Sadiq dalam pidatonya.

Terakhir, Sadiq mengajak ribuan orang yang memadati Trafalgar Square untuk merapat ke arah panggung. Dia kemudian diberikan tongsis, dan berbalik badan untuk selfie. "Aku akan mengirimkannya ke kandidat Presiden AS Hillary Clinton, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Wali Kota Paris Anne Hidalgo," kata Sadiq yang kemudian mengunggah foto selfienya di Twitter.

Eid Festival juga digelar di waktu yang sama dan esok hari di kawasan stadion Old Trafford, Manchester, Bradford Moor Park Killinghall Road, Witton Country Park, Preston Old Road, Blackburn dan Brent Cross London pada 16 Juli mendatang.[]Sumber:Detik.com