19 November 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Lima Tempat Nongkrong yang Wajib Dikunjungi di Banda Aceh

15 Mar 2016 PORTALSATU

Canai dan kuah kari yang menjadi andalan hidangan di Canai Mamak Kuala Lumpur

Coffee late nikmat di Soelthan Koffie Aceh

ice cream thai di Cocomix Ice Cream Dessert

Mie kepiting lezat andalan menu Mie Razali

Churros dengan saus cokelat di Break Time

Oleh: Putri Lailan Tifanni

Banda Aceh adalah ibu kota Provisi Aceh, kota dengan sebutan 'Model Kota Madani' ini wajib dikunjungi karena sangat banyak tempat wisata yang bisa didatangi dan pastinya tidak bisa kamu kunjungi di kota-kota lain. Salah satunya adalah Museum Tsunami yang hanya ada dua di dunia yaitu di Jepang dan Indonesia tepatnya di Banda Aceh. Setelah puas berjalan-jalan biasanya perut jadi keroncongan dan langkah berikutnya tentu saja berwisata kuliner.

Nah kalau berkunjung ke Banda Aceh, belum lengkap kalau kamu tidak mengunjungi tempat-tempat nongkrong yang hits di Banda Aceh. Berikut adalah tempat-tempat nongkrong hits yang wajib kamu kunjungi kalau kamu ke Banda Aceh :

1. Canai Mamak Kuala Lumpur

Walaupun namanya Kuala Lumpur, tetapi canai mamak ini adanya di Banda Aceh. Menu makanan yang disajikan di canai mamak ini bervariasi, tetapi andalannya tetap canai dengan beragam jenis varian dan rasa. Nah kalau kamu ke canai ini juga wajib nyoba teh tariknya dijamin ketagihan dan nggak bakal kamu dapetin di tempat lain. Harga makanan dan minuman di sini bervariasi, berkisar antara Rp. 12.000 – Rp. 25.000, cukup murah bukan. Alamatnya ada di Jalan Teuku Umar No. 51 Setui, Banda Aceh nomor telepon 0651-45471. Letaknya yang juga sangat strategis dan mudah dijangkau pasti deh bikin kamu ga bakal nyesal nongkrong di sini.

2. Soelthan Koffie Aceh

Kamu ke Banda Aceh mau nyobain kopi Gayo? Di sini tempatnya, Soelthan Koffie Aceh. Di sini kamu bisa nyobain beragam jenis kopi dan pastinya bikin nagih! Sambil nongkrong di sini kamu juga bisa melihat langsung cara roasting biji kopi yang langsung didatangkan dari Gayo. Secangkir kopi di sini harganya berkisar antara Rp.10.000 – Rp.30.000. Kualitasnya jangan diragukan, kenikmatannya apalagi. Tempatnya yang nyaman dan sejuk bakalan bikin kamu betah berlama-lama nongkrong di sini. Alamatnya ada di Jln. T.P. Nyak Makam, Lampineung Banda Aceh (depan Hermes Hotel), jangan sampai nyesal kalau ke Banda Aceh ngga nongkrong di sini.

3. Cocomix Ice Cream Dessert

Pernah nyobain es krim yang disajikan di dalam kelapa Thailand dengan beragam toping? Kalau belum, Cocomix Ice Cream Dessert ini adalah tempat nongkrong yang sangat wajib kamu kunjungi kalau ke Banda Aceh. Kamu nggak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk bisa nikmatin es krim yang disajikan di dalam kelapa Thailand, karena ini adalah menu andalan Cocomix dan pastinya selalu tersedia di Cocomix. Tidak hanya ice cream, Cocomix juga menyediakan berbagai macam menu makanan dan yang paling wajib dicoba menurut saya adalah sosis paprika noodle, apalagi kalau makanan ini disajikan dengan ice cream thai dan teh tarik green tea nikmatnya bikin mau nambah terus. Harga di Cocomix ini berkisar antara Rp. 10.000- Rp.30.000. Cukup murah, dan pastinya tempat nongkrong semua kalangan. Alamatnya ada di Jl. Panglima Nyak Makam, Lampineung, Banda Aceh email: cocomix.btj@gmail.com, instagram @cocomix_btj.

4. Mie Razali

Pastinya ke Banda Aceh belum lengkap kalau belum makan mie Aceh. Yup! Mie Razali adalah kedai mie Aceh yang paling wajib dikunjungi dan sangat recomended. Tidak hanya mie Aceh, di sini kita juga dapat mencicipi martabak Aceh. Kenapa jadi tempat nongkrong? Karena suasana yang nyaman, ditambah menu makanan yang lezat dan letaknya juga di jantung kota Banda Aceh, buat kamu nyaman dan betah berlama-lama di sini. Harga makanan di sini berkisar antara Rp.10.000 – Rp. 50.000, tentunya untuk yang paling mahal adalah mie kepiting. Tapi ini adalah yang WAJIB dicoba! Alamatnya ada di Jl. T. P. Polem No. 83-85, Peunayong Banda Aceh Telp: 0651 – 7400174. Selamat menikmati mie yang sedap tiada tara ini rakan.

5. Break Time Coffee Shop

Nongkrong sore sambil menikmati dimsum dan churros di sini tempatnya! Nggak jauh dari sini kamu juga bisa menikmati sate matang Aceh! Beli aja di Rex Peunayong dan menyantapnya di Break Time. Selain letaknya yang berdekatan dengan pusat oleh-oleh Aceh, tempat nongkrong ini juga asyik banget untuk anak muda, ditambah juga tersedia kopi arabika. Jadi setelah lelah berkeliling memborong oleh-oleh, langsung aja nongkrong di Break Time! Harga makanan dan minuman di Break Time ini juga sangat terjangkau, nggak bikin kantong kering deh. Alamatnya ada di Jl. Ratu Safiatuddin No 21A (Peunayong), Banda Aceh.

Itulah beberapa tempat nongkrong yang wajib kamu kunjungi kalau kamu ke Banda Aceh, jangan sampai nyesal deh kalau ke Banda Aceh tapi kamu ga nongkrong. #AyoKeBandaAceh.[]

*Penulis adalah Putri Pariwisata Indonesia Provinsi Aceh 2014