16 December 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Keindahan Masjid Pink yang Mengagumkan

01 May 2015 IHAN NURDIN

MASJID yang berdiri megah di Kota Shiraz, Iran, ini dijuluki sebagai pink mosque karena keunikan dan keindahannya. Arsitektur dan ornamennya yang unik memancarkan sinar indah ketika cahaya matahari menerobos melalui kaca yang berwarna-warni. Nama asli masjid ini adalah Nasir Al-Mulk.

Masjid Nasir Al-Mulk dibangun pada masa Dinasti Qajar atas perintah Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk, salah sati raja Dinasti Qajar. Dibangun sejak tahun 1876 dan selesai pada 1888. Arsitek yang merancang masjid ini adalah Muhammad Hasan e-Memar dan Muhammad Reza Kashi Paz-e-Shirazi.

Ciri khas masjid ini adalah menggunakan ornamen dari kaca berwarna dan menampilkan unsur tradisional seperti cekungan lima atau panj kaseh-I dalam desainnya. Sensasi warna pink dalam interior masjid dipengaruhi oleh ubin warna merah muda yang indah.

Pengelolaan masjid ini berada di bawah tanggung jawab Yayasan Nasir Al-Molk Endowment Foundation. Salah satu yayasan terbesar di Provinsi Fars dan berada di bawah administrasi Mahmud Ghavam. Berikut beberapa potret kecantikan masjid pink dari berbagai sudut:

 

Berita Terkait