20 May 2018

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Ini Mobil Idaman Para Perempuan Saudi

15 Jan 2018 DREAM

Jelang pemberlakuan izin mengemudi bagi kaum hawa di Arab Saudi, sejumlah produsen mobil membidik pasar untuk kaum perempuan. Bahkan, kini sudah ada pusat pameran mobil khusus perempuan di pusat perbelanjaan Le Mall di Jeddah.

Kepala cabang showroom mobil itu, Majed Al Harbi, mengatakan kaum hawa bisa memperoleh informasi seputar mobil serta pilihan pembiayaan dari bank terkemuka di Saudi. Menurut dia, showroom itu didirikan dengan tujuan untuk mengedukasi kaum hawa terkait seluk beluk mobil. 

"Mereka dapat belajar lebih banyak tentang mobil dan pilihan yang harus mereka ketahui sebelum mereka memutuskan untuk membelinya ketika wanita diizinkan menyetir pada 10 Juni."

Dia menambahkan, pihaknya memusatkan perhatian pada mobil yang hemat bahan bakar. Selain itu, faktor penting yang dikenalkan berikutnya yaitu pengenalan pajak pertambahan nilai yang ditetapkan Saudi.

Ibu rumah tangga dengan lima orang anak, Samia Mohammed Noor, mengatakan telah memiliki model mobil impiannya usai mengunjungi showroom tersebut.

"Suamiku punya SUV besar karena ukuran keluarga kami, namun aku ingin punya minivan," ujar Samia kepada Arab News.

Sementara itu, ibu rumah tangga dengan enam orang anak, Raneem Adel, mengatakan lebih memilih minivan karena berbagai pertimbangan. "Saya tidak menginginkan SUV besar yang membutuhkan banyak bensin," kata Raneem.

Sejak Juni 2018 nanti, perempuan di Saudi dibolehkan untuk mengendarai mobil sendiri. Kebijakan ini ditetapkan pada pertengahan 2017 dengan masa persiapan sampai 1 tahun.[] Sumber: dream.co.id