16 December 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Enam Gejala Seseorang Terkena Penyakit Pikun

19 Nov 2017 DETIK

JAKARTA - Demensia atau penyakit pikun membuat seseorang mengalami penurunan fungsi kognitif otak. Dalam praktiknya, dampak demensia bisa sangat beragam.

Dikutip dari WebMD, demensia dalam tahap awal bisa membuat seseorang mudah lupa nama hingga wajah orang lain. Ketika sudah mencapai tahap lanjut, pasien demensia bisa melupakan bagaimana caranya berpikir hingga berjalan.

"Hal ini terjadi karena bagian otak yang berhubungan dengan pembelajaran, ingatan, pengambilan keputusan hingga bahasa, mengalami kerusakan dan menyebabkan gangguan di otaknya," tulis WebMD.

Ada 6 tahapan gejala yang menunjukkan bagaimana perubahan yang terjadi pada pasien demensia disertai tingkat keparahannya. Berikut penjelasannya:

1. Tahap sangat ringan
Pada saat ini sudah mulai ada gangguan yang terjadi di otak, namun pasien demensia masih bisa melakukan aktivitas secara mandiri, namun mulai menunjukkan gejala perubahan mood.

2. Tahap ringan
Pasien sudah mulai kesulitan membuat perencanaan. Ciri lainnya adalah sulit mengingat kejadian baru-baru ini, dan membicarakan sesuatu secara berulang-ulang.

3. Tahap sedang
Kesulitan membuat rencana dan menyusun jadwal semakin terlihat. Pasien juga akan susah menggunakan uang.

4. Tahap cukup berat
Pasien tidak akan ingat nomor telepon atau nama cucunya, sering bingung soal waktu, dan juga membutuhkan bantuan untuk mengenakan baju atau mandi.

5. Tahap berat
Mengingat nama, termasuk namanya sendiri, akan sangat sulit. Pasien juga membutuhkan bantuan untuk buang air dan makan, serta mulai sering terlihat marah-marah.

6. Tahap sangat berat
Kemampuan untuk menyuarakan pikirannya akan hilang. Pasien juga berisko besar mengalami disabilitas karena kesulitan berjalan.[] Sumber: detik.com

 

Berita Terkait