27 May 2018

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Airbag Bermasalah, Toyota Recall 1,6 Juta Mobil di Amerika

25 May 2016 TEMPO

TOKYO - Toyota Motor Corp. kembali me-recall (menarik untuk dilakukan perbaikan) sekitar 1,6 juta produk mobilnya di Amerika Serikat. Hal itu dilakukan menyusul adanya masalah pada kantong udara (airbag) di bagian depan penumpang.

Kebijakan tersebut diumukan pada Senin, 23 Mei 2019 setelah National Highway Traffic Safety Administration AS mengatakan bahwa airbag di kursi penumpang depan mobil Toyota produksi Takata berpotensi membahayakan keselamatan penumpang.

Takata disebut menggunakan amonium nitrat, yang akan menjadi tidak stabil bila terkena panas dan mengalami kelembaban. Jika itu terjadi, maka diprediksi airbag akan pecah dan menyebarkan bagian logam ke dalam kabin.

Setidaknya 11 kematian di seluruh dunia telah dikaitkan dengan ledakan dari airbag Takata tersebut. Badan keamanan juga mengatakan dalam sebuah rilis berita bahwa kasus pecahnya Takata telah berkontribusi terhadap lebih dari 100 kasus luka-luka di Amerika Serikat.

Toyota mengatakan akan mengganti inflaters terkait tanpa dikenakan biaya kepada pelanggan. Perusahaan mengatakan unit yang akan direcall adalah model Lexus, Scion, Sienna, 4Runner, Yaris, Corolla dan kendaraan Matrix.

Toyota mengklaim hingga kini telah menarik 4,73 juta kendaraan di Amerika Serikat terkait kasus airbag Takata. Ini adalah recall terbesar di AS dalam sejarah keselamatan berkendara.[]Sumber:tempo