19 November 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

Aceh, Destinasi Populer untuk Umat Muslim di Asia Tenggara

24 Jun 2016 PORTALSATU

JAKARTA - Aceh termasuk destinasi populer untuk dikunjungi oleh muslim di Asia Tenggara. Pasalnya, Aceh memiliki nuansa dan sejarah muslim yang kental dan cocok untuk dikunjungi oleh umat muslim.

Banyaknya bangunan masjid di Aceh membuatnya berada di peringkat kedua sebagai destinasi yang paling populer untuk umat muslim. Apalagi beberapa muslim yang enggan ke luar kota maupun luar negeri dengan alasan susah mencari sesuatu yang halal.

Mengutip Skycanner, berikut lima negara  destinasi di Asia Tenggara yang populer untuk umat Muslim:

1. Singapura
Negara yang memiliki nama sama dengan ibu kotanya ini adalah destinasi terpopuler bagi turis asal Indonesia. Selain karena jaraknya yang relatif dekat, banyaknya objek wisata dan kemudahan mencari makanan halal menjadi alasannya. Anda dapat dengan mudah menemui makanan halal di area Bugis Street, Busarah Street, dan Arab Street.

2. Banda Aceh, Aceh
Bukan tanpa alasan kota Banda Aceh mempunyai julukan “Serambi Mekah”. Selain mayoritas penduduknya beragama Islam, destinasi wisata di kota ini pun penuh dengan jejak Islami. Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Baiturrahman yang sudah sangat tersohor dan atau mengunjungi beberapa situs sejarah terkait bencana Tsunami Aceh pada tahun 2004 yang lalu.

3. Kuala Lumpur-Melaka, Malaysia
Dua kota yang berdekatan ini juga terbilang sebagai destinasi ramah muslim. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan halal juga masjid berarsitektur indah. Masjid Putrajaya dan Masjid Terapung di Selat Malaka merupakan masjid yang paling terkenal dari beragam masjid yang berdiri di kedua kota ini.

4. Pa Tong, Phuket, Thailand
Percaya atau tidak, area Pa Tong di Phuket, Thailand adalah destinasi yang terbilang cukup ramah muslim, setidaknya menurut pengalaman saya. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan halal di area ini, karena setiap tempat yang menjual makanan halal akan memajang papan besar bertuliskan “Halal Food”.

5. Brunei Darussalam
Destinasi ini mungkin tidak populer bagi banyak orang Indonesia, meski sebenarnya tempat ini menyimpan banyak pesona. Banyak orang yang saya kenal pernah mengunjungi Bandar Seri Begawan, ibu kotanya, dan merasa puas dengan liburan mereka. Kultur yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, banyaknya makanan enak, dan jalanan yang tidak pernah macet adalah beberapa alasan mereka.[] Sumber: sindonews.com