19 November 2017

Home Gaya Travel Otomotif Health Entertainment

6 Keuntungan Jika Anak Belajar Musik

20 Dec 2016 DREAM

Mengembangkan aspek akademik pada anak memang sangat penting. Tapi hal yang juga tak kalah penting adalah membuka sudut pandang anak kalau banyak aspek dan bakat yang bisa dikembangkan dalam dirinya selain dari sisi akademik.

Salah satu yang penting diperkenalkan pada anak adalah musik. Mengajarkan alat musik pada anak bisa membawa banyak hal positif bagi perkembangan dirinya. Ingin tahu apa saja?

1. Meningkatkan kemampuan akademik
Mungkin bagi Anda, matematika dan alat musik tidak ada hubungannya Padahal, bermain alat musik dapat membuat otak anak lebih cepat memahami matematika. Menurut Mary Larew, guru biola di Neighborhood Music School, New Haven, Connecticut, alat musik membuat anak mudah memahami fisika dasar.

Seperti memetik senar gitar atau biola, dapat mengajarkan anak tentang getaran harmonik dan simpatik. Bahkan instrumen non-string, seperti drum dan vibraphone, membuat anak cepat memahami prinsip-prinsip ilmiah.

2. Mengembangkan keterampilan fisik
Selain meningkatkan kemampuan akademik, bermain alat musik juga bisa mengembangkan keterampilan fisik. Menurut Kristen Regester, Manager Program Pendidikan Anak Usia Dini dari Sherwood Community Music School di Columbia College Chicago, bermain alat musik yang memadukan gerakan tangan, lengan, dan kaki secara bersamaan, seperti perkusi dan piano, dapat melatih keterampilan motorik.

3. Memupuk keterampilan sosial
Saat memutuskan untuk mendaftarkan anak ke sekolah musik, anak tak hanya mendapat keterampilan bermain musik. Perubahan dinamika seperti cresscendo atau accelerando yang akan ditemui saat belajar bermain musik ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak beradaptasi sekaligus kerja tim.

4. Mengajarkan disiplin dan kesabaran
Belajar bermain musik tentu melatih anak agar disiplin dan sabar, seperti mengikuti proses latihan sampai akhirnya mahir atau menunggu giliran latihan.

5. Membangun kepercayaan dan harga diri
Tanpa disadari, bermain alat musik juga dapat membangun kepercayaan diri pada anak, terlebih saat anak diharuskan tampil di depan umum. Apalagi jika anak mendapat pujian dan tepukan saat tampil dalam konser mini.

6. Memperkenalkan budaya
Tentu sekolah musik tak hanya mengajarkan anak satu macam jenis musik dan instrumen. Anak akan diajarkan beragam jenis musik dan instrumen agar kemampuan bermusiknya semakin kaya. Termasuk memperkenalkan alat musik tradisional dan lagu-lagu daerah. | sumber : dream

Berita Terkait