BANDA ACEH - Warung Ujong Pineung, sebuah kedai makanan dan minuman, di Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala.

Kedai ini terletak di sisi jalan masuk ke Lamgugop, sekira dua ratus meter di barat Jembatan Lamnyong, Banda Aceh. Dinamakan Ujong Pineung, karena letaknya di ujung jalan, dan di halamannya dulu ada sebatang pohon pinang.

Seorang lulusan tata boga FKIP Unsyiah, Zahraini, yang sering singgah di kedai itu, mengatakan, apabila dibandingkan dengan kedai lain di kota para sultan ini, bahkan kedai cabang Eropa atau Amerika sekalipun, kedai ini menyajikan makanan dengan cara yang lebih bersih dan menyehatkan.

"Warung Ujong Pineung Cafe menyajikan lalapan yang telah direbus, merupakan tehnik pengolahan yang benar. Kedai ini memenuhi standar kesehatan menurut cara pengolahan dan penyajian makanan. Misalnya, daging yang disajikan benar-benar matang, sayur lalapan dikukus atau direbus dulu. Begitupun minuman, misalnya jus, disajikan dengan komposisi bahan yang standar," kata Zahraini, di Banda Aceh, 9 Januari 2017.

Pemilik Warung Ujong Pineung, Faisal, mengatakan, ia dan istrinya, Hj Sri Murniati Handayani, menjaga kesehatan dan kehalalan makanan yang mereka sajikan.

"Istri saya seorang dokter, dia juru masaknya. Saya belajar padanya. Kami belanja setiap pagi untuk semua barang makanan. Kami tidak pakai pengawet. Yang penting halal dan berkah," katanya.

Faisal mengatakan, bersih itu sederhana. Misalnya, kata dia, kain lap gelas, piring, dan lainnya, berbeda.

"Begitu juga, setelah memasak makanan untuk satu pelanggan, wajan dicuci dan dikeringkan, baru dipakai untuk memasak makanan lain. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik untuk Aceh, sehat, halal. Yang sempat ke sini, berarti dapat pelayanan terbaik dari kami," kata Faisal yang juga penulis blog, pemilik akun abanggeutanyo di blog kompasiana.com.[]