LHOKSEUMAWE - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Aceh, Ibnu Rusdi mengatakan, akan mempercepat pembangunan sirkuit Kuta Malaka, Aceh Besar yang  bertaraf internasional. Sirkuit itu disiapkan untuk meramaikan event besar nasional pada tahun 2017 mendatang.

"Kami terus lanjutkan pembangunan sirkuit Kuta Malaka. Termasuk penguatan aspek manajerial Pengprov melalui penempatan personalia pengurus serta penguatan tugas pokok dan fungsi," kata Ibnu Rusdi kepada portalsatu.com, Senin malam 26 Desember 2016 di Lhokseumawe.

Ibnu menambahkan, sirkuit Kuta Malaka memiliki luas sekitar 11 hektar dengan panjang dan fungsinya nanti jika rampung mampu menggelar even internasional termasuk balap Formula 1 (F1). Untuk merealisasikan ini kata dia perlu adanya dukungan dari berbagai pihak terutama Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat.  

"Informasi terakhir sudah keluar DED sirkuit Kuta Malaka dari Pemerintah Aceh. Saya juga sudah menyampaikan kepada kementerian terkait agar dapat mendukung pembangunan sirkuit Kuta Malaka yang berada di provinsi ujung paling barat Indonesia, termasuk akan minta anggarannya dibebankan dari APBN,” tambah Ibnu Rusdi.

Sementara itu, Kabid Organisasi Pengurus Pusat IMI, Sutarto mengatakan pihaknya akan mendukung IMI Aceh untuk terus berupaya membangun sirkuit Kuta Malaka agar rampung. Apalagi Aceh menjadi tuan rumah even nasional tahun 2017 mendatang.

“Kami dari pusat akan mendukung. Apa yang dibutuhkan secara administrasi dan teknis akan kita berikan. Jikapun tidak rampung, even ini akan berlanjut dengan sirkuit yang telah ada,” kata Sutarto kepada portalsatu.com.[]