CELANA jeans bisa dianggap sebagai salah satu pakaian milik semua orang. Di hampir setiap lemari pakaian, pasti ada celana dengan bahan denim yang satu ini, entah modelnya panjang maupun pendek.


Celana jeans fleksibel untuk dikenakan pada suasana apapun. Padankan dengan kemeja, maka nuansa akan berubah menjadi resmi. Padukan dengan kaus dan topi, maka pemakainya akan tampil santai. Dalam berbagai kesempatan dan kepentingan, celana jeans diakui kerap menjadi andalan.

Sebab itulah, celana jeans perlu mendapat perlakuan spesial. Utamanya, agar tidak terlihat dekil, berkerut, warnanya pudar, usang, dan bau. Jika Anda seorang pencinta celana jeans, berikut ini beberapa trik yang  bisa dicoba untuk menjaga jeans selalu terlihat seperti baru:

1. Cucilah dengan tangan
Sebaiknya cuci celana jeans menggunakan tangan agar bahannya tidak menyusut. Mencuci dengan tangan adalah metode yang sempurna. Cara mencucinya, siapkan ember, lalu isi dengan air.  Tambahkan 2-3 sendok deterjen ke dalam ember dan rendam celana jeans. Cuci dengan tangan dan bilas setelah 60 menit. Supaya tak larut dalam kelelahan karena mencuci bawahan yang cukup berat ini, Anda bisa mengingat lagi momentum apa yang telah dilalui ketika memakai celana jeans tersebut.
 

 

 

2. Simpan dalam lemari es
Anda mungkin pernah mendengar tentang menyimpan celana jeans di dalam  lemari es. Hal ini untuk menghilangkan bau dan membunuh bakteri pada jeans. Ambil celana jeans dan lipat dengan benar. Masukkan ke dalam kantong plastik dan tutup rapat semua sisinya. Taruh di dalam lemari es.

3. Periksa tag
Tag yang ada pada celana jeans Anda memainkan peran penting untuk pemeliharaan. Pada tag, disebutkan jenis kain dan teknik mencuci yang disarankan. Pastikan Anda memperhatikan dan mengikuti anjuran yang tertera pada tag agar jeans terpelihara dengan cara yang tepat.

4. Dry clean
Sesekali, Anda harus membersihkan jeans dengan dry clean atau  cuci kering. Cara ini adalah proses terbaik untuk menarik kotoran, kuman, dan noda keluar dari kain. Minyak yang menumpuk di sudut celana jeans akan mudah ditarik keluar oleh dry clean.

5. Hindarkan panas matahari
Hindari menjemur celana jeans langsung di bawah terik matahari. Sebaiknya, biarkan jeans mengering oleh udara. Meski memakan waktu lama, tapi itu bisa membuat jeans lebih awet.[]Sumber:tempo