SEBAGIAN besar pasangan suami istri tentunya mendambakan kehadiran si kecil untuk mewarnai kehidupan rumah tangga mereka. Namun sayangnya, ada juga pasangan yang sudah hampir setahun menikah tapi tidak juga mendapatkan momongan. Padahal mereka memiliki kehidupan seks yang aktif.

Masalah ini ternyata sangat erat kaitannya dengan infertilitas yang dapat dialami oleh para pria maupun wanita. Untuk mengetahui lanjut, berikut beberapa faktor yang mengakibatkan wanita sulit hamil.

Kerusakan tuba falopi

Kerusakan ini dapat menyebabkan bekas luka setelah infeksi dan mencetuskan terjadinya endometriosis. Bila hal ini terjadi, wanita perlu menjalani operasi. Bila dibiarkan, sperma tidak dapat meraih sel telur.

Masalah hormonal

Perubahan hormon yang terjadi bisa mencetuskan penebalan dinding rahim. Hormon yang tidak stabil juga menghalangi pelepasan sel telur dari indung telur.

Masalah rahim dan serviks

Polip dan fibroid memungkinkan seorang wanita sulit hamil. Sel-sel polip bisa tumbuh pada dinding endometrium yang melapisi rahim. Inilah salah satu penyebab wanita tak kunjung hamil. Selain itu, serviks yang bermasalah dapat menghalangi sperma membuahi sel telur.

PCOS

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS menyebabkan produksi androgen yang berlebihan. Hal ini berdampak pada ovulasi yang tidak teratur. Wanita juga mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Wanita dengan PCOS juga memiliki masalah kesulitan hamil.

Kualitas sperma rendah

Kualitas sperma yang rendah biasanya disebabkan oleh kelaianan pada pembentukan spermatozoa. Masalah ini juga sering dikaitkan dengan gaya hidup seorang pria. Bagi pria yang memiliki kecenderungan mengonsumsi alkohol, narkoba, dan makanan tidak sehat, hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburan dan memicu terjadinya kemandulan.

Kondisi Psikis

Selain faktor makanan, salah satu penyebab seseorang susah hamil bisa juga disebabkan oleh kondisi psikis suami istri yang tidak sehat. Jika rumah tangga atau hubungan Anda tidak harmonis, hal ini bisa memicu terjadinya masalah sulit hamil.

Menstruasi tidak teratur

Poin yang satu ini seringkali dianggap remeh oleh sebagian besar kaum wanita. Perlu Anda ketahui bahwa tidak teraturnya jadwal mensturasi biasanya disebabkan oleh tidur yang tidak teratur dan stres. Akibatnya, Anda tidak bisa mengetahui jadwal masa subur untuk melakukan hubungan intim.[] Sumber: okezone.com